Pasang iklan

Siswi MAN Insan Cendikia Kendari Lolos Pertukaran Pelajar ke Amerika

Gema.id Sultra – Riqqah Puspita Dewi terpilih sebagai peserta Kennedy Lugar YES (Youth Exchange and Study) Bina Antarbudaya 2019. Siswi Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) asal Baubau ini akan berangkat ke Amerika pada Agustus mendatang.

Penetapan siswa yang lolos dalam pertukaran pelajar ini diumumkan melalui surat keputusan No 19/YBA/GCOUT/02/062. Bersama dengan pengumuman dalam SK tertanggal 22 februari 2019 tersebut siswi yang akrab dipanggi RIKO ini dinyatakan lolos dan menjadi peserta pertukaran pelajar ke Amerika tahun 2019.

Abdul Basit, Kepala Madrasah MAN IC Kendari menyambut positif terpilihnya pelajar dari sekolah yang dipimpinnya. Hal tersebut dinyatakan merupakan kebanggaan untuk Madrasah, diumurnya yang masih tergolong muda MAN IC sudah mampu mengirimkan siswinya ke level Internasonal.

“Bukan masalah, ananda Riko untuk sementara meninggalkan sekolah. Sekembalinya nanti, kami akan menerima dengan tangan terbuka, bagaimanapun Riko masih tercatat sebagai siswa MAN IC Kendari”

ucap Abdul Basit, Sabtu (27/07/2019) dilansir dari laman resmi Kemenag RI.

Melanjutkan keterangannya tersebut, Abdul Basit menekankan agar Riko dapat tetap menjaga Nama Baik Almamater dan akhlak.

“Dalam program pertukaran pelajar ini, Riko akan menjadi gambaran Indonesia secara umum dan Sulawesi Tenggara terlebih MAN IC Kota Kendari secara khusus”

ungkap Kepala MAN IC, Abdul Basit

Di kesempatan yang lain, Riko mengaku gembira terkati kelulusannya dalam program pertukaran pelajar ke Amerika. Saat ini dirinya diminta untuk memelajari Budaya daerah yang diwakili, dalam hal ini Sulawesi Tenggara secara lebih mendalam, dan budaya Indonesia secara umum. Diharapkan agar Riko sepeninggalnya di Amerika nanti mampu mencitrakan persona orang Indonesia, Sultra lebih khususnya yang berbudi luhur.

“Kami akan merasakan pendidikan di Amerika selama setahun. Disana, saya dan peserta lainnya akan belajar banyak mengenai budaya barat khususnya yang berkaitan dengan pendidikan”

Riqqah Puspita Dewi

Profil Penyelenggara

Pertukaran pelajar ini diselenggarakan oleh Bina Antarbudaya, mitra AFS Intercultural Program, Inc.

Sebagai organisasi nirlaba, Bina Antarbudaya bertanggung jawab untuk melaksanakan program-program pertukaran pelajar seperti YES dan AFS.

Dalam setahunnya Bina Antarbudaya selalu berupaya untuk mengirim pelajar terbaik indonesia di program pertukaran pelajar ke berbagai negara tujuan.

Tahun 2019 ini, Bina Antarbudaya mengirim 80 pelajar Indonesia ke Amerika melalui programsebagai peserta program Kennedy Lugar YES (Youth Exchange and Study).

Tinggalkan komentar

Baru ?, Buat akun


Masuk

Lupa password ? (tutup)

Sudah punya akun ?, Masuk


Daftar

(tutup)

Lupa Password

(tutup)